Cari Blog Ini

Mahabatullah

Mahabbatullah, artinya keteguhan hati kita senantiasa untuk mencintai-Nya, tanpa menyekutukannya dengan mahluk. Meletakkan cinta Allah itu pada tempat yang tertinggi, diatas kecintaan kita pada mahluk. Lalu kita sedekahkan hati yang telah terisi cinta Illahi kepada sesama mahluk.
Betapa agungnya cinta itu sehingganya Allah sangat memuliakan orang-orang yang saling mencintai demi keagungan-Nya. Seperti apa yang telah disabdakan Nabi ;
            “ Sesungguhnya diantara hamba- hamba Allah terdapat orang-orang yangbukan nabi dan bukan pula Syuhada, akan tetapi nabi dan syuhada cemburu pada mereka dihari kiamat nanti, tersebab kedudukan yang diberikan oleh Allah kepada mereka. Mereka itu adalah segolongan manusia yang saling mencintai karena rahmat Allah. Bukan sebab kekerabatan dan darah. Bukan pula karena berdasarkan pemberian harta. Demi Allah wajah mereka pada hari itu bersinar cemerlang dan mereka berada diatas cahaya. Mereka tidak merasa khawatir ketika manusia lain ketakutan. Dan mereka tidak bersedih ketika manusia lain berduka.”
Artinya, Nabi telah menjelaskan bahwa pada suatu zaman akan hadir orang-orang dari latar belakang kehidupan yang berbeda akan tetapi mereka mampu membangun tali ukhuwah yang sangat kuat. Mereka saling mencintai, menguatkan, dan menjaga silaturahmi karena Allah. Dan Allah sangat ridho terhadap mereka dan memberikan kedudukan yang teramat sangat mulia diakhirat nanti yaitu “ mimbar-mimbar cahaya” yang sangat dicemburui oleh semua, termasuk Nabi dan para syuhada.
Seperti dalam firman-Nya dalam hadits Qudsi :
            “ Orang-orang yang saling mencintai karena demi keagungan-Ku, akan diberikan padanya mimbar dari cahaya yang dicemburui oleh para Nabi dan syuhada “
Sangatlah jelas bagi kita bahwa Allah begitu mengagungkan cinta dan memuliakan orang-oarang yang saling mencintai karena-Nya dengan menjanjikan kedudukan yang amat sangat indah. Sungguh mulianya mereka-mereka yang telah dipilih oleh Allah untuk duduk dimimbar-mimbar cahaya, yang dianugrahkan kepada sang ´pecinta-pecintanya´. Yaitu orang yang senantiasa menjaga kebersamaan dalam majelis-majelis Allah. Jika kita telusuri lebih dalam lagi maka akan banyak hal yang dapat kita petik dari kalimat-kalimat diatas yaitu :
1).“ cinta” mengandung makna yang sangat mendalam dan luhur bagi setiap pecinta- pecintanya, begitu mulianya sehingga Allah sangat  memuliakannya dalam Firman-Nya
2). “ Sang pecinta” adalah orang-orang yang melakoni cinta itu dalam agamanya, dimana ia mampu menebarkan cinta itu bagi semua orang serta mampu menyatukan dalam hubungan yang begitu kuat ( ukhuwah).
Sang pecinta tidak pernah menyakiti hati orang- orang dengan hati dan perbuatannya yang melanggar nilai-nilai agama sedang ia menyadarinya.
3).” Mimbar cahaya” adalah kedudukan teragung yang dianugerahkan kepada orang-orang yang telah teruji kecintaannya dan keimanannya karena Allah.
Allah berfirman dalam sebuah hadits Qudsi.
            “ Tiadalah hambaKu, mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku sukai, daripada saat dia jalani apa-apa yang Aku wajibkan untuknya. Dan hambaKu tidak puas dengan menjalalankan yang wajib saja. Maka dia terus mendekat kepadaKu dengan hal-hal yang Aku sunnahkan, sampai aku mencintainya”.
            “ Maka jika Aku mencintainya” lanjutNya “ Aku akan menjadi pendengaran yang dia gunakan untuk menyimak. Aku akan menjadi penglihatan yang dia gunakan untuk menyaksikan. Aku akan menjadi tangan serta kakinya yang digunakan untukbertindak dan bergerak. Jika dia memohon kepadaKu, Aku akan menjawab pintanya. Jika dia meminta perlindungan, maka Aku pasti melindunginya”.
Wahai saudaraku, marilah kita senantiasa menjaga dan menguatkan hati kita dalam komitmen yang telah disimpul bersama, agar kita memperoleh karunia Allah yang telah dijanjikan yaitu “ mimbar-mimbar cahaya” yang agung yang dicemburui oleh  sang semua orang.
            Wahai zat sang penguasa hati, jadikanlah hati ini taman dari segala cinta yang kau tumbuhkan karena keagungan-Mu bukan taman dari segala nafsu yang Engkau murkai. Masukkanlah kami kemimbar yang telah Engkau pilihkan untuk orang-orang yang Kau kehendaki karena mengharapkan cinta-Mu…

Ditulis Oleh : Unknown // 21.57
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.