Cari Blog Ini

Indahnya Kesabaran

Hidup kadang tak semulus yang kita inginkan,  ada saatnya kita harus dihadapkan dengan berbagai persoalan pelik  yang tidak hanya membutuhkan kedewasaan untuk berfikir akan tetapi kesabaran kita dalam memecahkannya. Adakalanya akal kita tidaklah mampu untuk menjangkau segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini, sehingganya dibutuhkan keimanan untuk meyakini bahwa semuanya adalah ketetapan Allah dan hanya dengan kesabaranlah kita mampu untuk menjalaninya.
Seperti yang dikatakan bahwa, kesabaran itu laksana kuda perang tertangguh yang mampu mengantarkan penunggangnya meraih kemenangan dalam pertempuran melawan hawa nafsu, Berupa amarah dan kebodohan sedangkan kesabaran akan membuat pelakunya berhasil mengatasi persoalan dalam hidupnya dengan cara memahami persoalan itu. Dan apabila itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan maka ia yakin bahwa itu merupakan suatu kehendak Allah yang tidak mampu ia ubah.
Betapa indahnya kesabaran itu, sehingganya Allah tidak bosan memandang hambanya dengan tatapan rida dan penuh cinta.
 Allah maha pengasih dan penyayang bagi setiap hamba- hamba-Nya yang ia kehendaki. Ia ingin manusia itu senantiasa ingat akan kepada-Nya. Tidak ada yang bisa melebihi kecintaan-Nya.
Aku telah memilihmu untuk diri-Ku” ( Q.s Thaha : 41).
Artinya, siapa- siapa orang yang telah Ia kehendaki, maka akan diberikan ujian agar senantiasa mahluk itu dekat dengan-Nya. Dan apabila mahluk itu rida atas segala perbuatan-Nya maka Allah akan membanggakan dan mencintai-Nya.
Maka ( yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar, Tetapi Allah-lah yang melempar “. ( Q.s Al- anfal : 17).
Sesungguhnya Allah bersama orang- orang yang sabar” ( Q.s Albaqarah : 153).
Sabar bearti ikhlas menerima segala perbuatan Allah, tanpa mengeluh dan mempertanyakan apa, kenapa, dan bagaimana hal itu terjadi pada diri kita. Sadar bahwa setiap orang pasti akan menerima jatahnya masing- masing sekalipun itu buruk dan segalanya pasti akan ada akhirnya. Bersikap bijak dalam menyikapinya, dan tidak menyalahkan keadaan.
Sabar adalah berbaik sangka kepada Allah, berserah diri kepada-Nya sambil menunggu pertolongan-Nya. Yakin pertolongan itu adalah kemenangan  abadi yang diberikan sang khalik sebagai buah dari kesabarannya. Dia memberikan ujian melainkan Dia ingin menjadikan orang itu lebih baik dari sebelumnya.
Wahai sang kekasih Allah, bersabarlah karena sesungguhnya kesabaran akan membawa kita pada suatu keadaan yang lebih baik
Nabi bersabda :
            “Jika Allah swt menghendaki kebaikan kepada hamba-Nya, Dia berikan kefahaman agama kepadanya dan Dia perlihatkan kepadanya cela dirinya”.
Kepahaman terhadap agama merupakan sebab mengenal diri. Barangsiapa yang telah mengenal Tuhannya, maka dia akan mengenal segala sesuatu sehingga peribadatannya kepada-Nya menjadi benar serta bebas dari penyembahan terhadap selain Dia. Tidak ada kejayaan dan keselamatan bagimu, Sehingga kau mementingkan Tuhanmu diatas lain-Nya.
Firman Allah :
            “ Sesungguhnya Allah bersama orang- orang yang sabar” ( Q.s Albaqarah : 153).
Jelaslah, bahwa Allah tidak berada dengan orang-orang yang merasa dirinya paling benar  dan hebat, sebab Allah tidak membutuhkan mereka. akan tetapi Ia memilih berada dengan orang- orang sabar dan teraniaya. Saking cintanya Allah bagi orang-orang yang sabar, sehingga Allah seringkali memuliakannya dalam Al- Quran. Mudah- mudahan kita termasuk didalamnya.
            Ya Allah sungguh Engkau adalah sebaik-baik penepat janji dan sebaik-baik pemberi jalan. Berikanlah hamba kesabaran`yang tiada batas, seperti sabarnya Asiyah r.a dalam mempertahankan keimanannya dan sabarnya Nabi Daud a.s dalam menerima takdir dan keputusan-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi kemenangan.

Ditulis Oleh : Unknown // 21.59
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.